14 Desember 2018
  • Home
  • Bisnis
  • Tolong, Saya Kehilangan Motivasi Menulis
Tolong, Saya Kehilangan Motivasi MenulisTolong, Saya Kehilangan Motivasi Menulis

Tolong, Saya Kehilangan Motivasi Menulis

By on 8 Oktober 2018 0

Mas Jonru, saya kehilangan motivasi menulis. Sekarang teman-teman dekat saya nggak ada yang hobi nulis. Kalau tidak ada teman, rasanya males banget nulis. Bisa kasih solusi?

Pengirim: Wahyu Mowato via formspring

Jawaban:

Mas Wahyu,

Ada anggapan bahwa salah satu syarat untuk jadi orang sukses adalah menghilangkan kebiasaan menggantungkan diri pada orang lain. Dan ternyata menurut pengalaman saya ini adalah syarat mutlak. Ketika seseorang masih sering menggantungkan dirinya pada orang lain, tidak mandiri, rasa takut sendiri, dan sebagainya yang pada intinya tidak punya ketetapan hati sendiri, maka orang itu tidak akan bisa mengeluarkan semua potensi yang dimilikinya.

Dia akan takut atau minder untuk berekspresi tanpa ada orang lain di sekitarnya. Dan ini merupakan hal yang tabu untuk sukses karena terkadang sebuah kesempatan bisa saja muncul ketika Anda sendirian. Dan jika Anda melewatkan kesempatan itu hanya karena orang-orang di sekitar Anda tidak mendukung Anda, mungkin saja Anda telah melewatkan kesempatan terbesar dalam hidup Anda.

Dengan demikian, maka menggantungkan motivasi pada orang lain (termasuk orang yang paling dekat sekalipun seperti sahabat, suami, istri, orang tua, dan anak), merupakan salah satu penyakit yang bisa menghalangi sukses.

Jika Anda bergantung pada orang lain, ingatlah, bahwa sahabat Anda yang paling baik pun tak akan bisa menemani hidup Anda selamanya. Mereka niscaya punya urusan dan kesibukan masing-masing. Apalagi jika sudah berkeluarga.

Mereka semua itu akan sangat sibuk dengan kehidupan mereka. Atau bagaimana bila mereka nanti meninggal dunia dan meninggalkan Anda. Tidak ada lagi orang yang bisa dijadikan tempat bergantung. Kondisi seperti ini cepat atau lambat akan menghampiri semua orang. Dan Anda harus menyiapkan diri Anda sendiri untuk menghadapi hal-hal sedemikian.

Kalau Anda ingin menjadi penulis sukses, paling tidak coba mulai sekarang biasakan untuk memotivasi diri sendiri. Dengan begitu semoga dapat membantu meneguhkan hati Anda dan menguatkan jiwa Anda untuk menjadi penulis.

Semoga penjelasan saya ini bisa membantu.

Salam sukses untuk Anda!

  Bisnis
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *